Review

Info
Studio : Sky Media, Legacy Pictures
Genre : Horror
Director : Timo Tjahjanto
Producer : Sukhdev Singh, Wicky V Olindo
Starring : Chelsea Islan, Pevita Pearce, Samo Rafael, Ray Sahetapy, Karina Suwandi

Senin, 13 Agustus 2018 - 17:03:38 WIB
Flick Review : Sebelum Iblis Menjemput
Review oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1402 kali


Melalui Pengabdi Setan (2017), Joko Anwar telah menetapkan standar baru bagi film horor Indonesia. Sebuah standar cukup tinggi yang menyebabkan puluhan film dari genre sejenis yang rilis selepasnya terlihat cemen lantaran kewalahan untuk merengkuhnya. Memang ada beberapa yang cukup mendekati, seperti Mereka yang Tak Terlihat, Mata Batin, sampai Kafir Bersekutu dengan Setan, tapi lebih banyak yang berakhir dengan kegagalan sekalipun telah mati-matian mengekor. Untuk sesaat, saya sempat skeptis dengan masa depan film horor tanah air yang kembali menunjukkan gelagat jalan di tempat. Akan tetapi, setelah satu demi satu kontender untuk menaklukkan kedigdayaan filmnya Ibu bertumbangan dengan mudah, muncul secercah harapan tatakala Timo Tjahjanto yang memiliki afeksi sama tinggi terhadap tontonan seram seperti halnya Joko menjajal peruntungannya melalui Sebelum Iblis Menjemput. Apabila kamu telah menyaksikan kinerja Timo dalam mengkreasi tontonan seram lewat Rumah Dara (2009), L is for Libido (2012) maupun Safe Haven (2013) yang permainan visualnya sungguh sinting itu, tentu tidak memiliki keraguan terhadap Sebelum Iblis Menjemput. Dan memang, Timo tak mengkhianati kepercayaan mereka yang menaruh kepercayaan kepadanya karena film teranyarnya ini bersedia untuk mengelaborasi kata gila kepada para penonton.

Karakter utama dalam Sebelum Iblis Menjemput adalah seorang perempuan bernama Alfie (Chelsea Islan) yang telah terbiasa menjalani kerasnya hidup selepas tewasnya sang ibu. Alfie sudah lama tak berkomunikasi dengan ayahnya, Lesmana (Ray Sahetapy), yang meninggalkan istri dan anaknya demi menikahi seorang aktris yang usianya jauh lebih muda darinya. Alfie yang masih menyimpan dendam kepada Lesmana ini akhirnya dipaksa untuk menghadapi sumber kemarahannya tatkala saudari tirinya, Maya (Pevita Pearce), menghubunginya untuk pertama kali demi mengabarkan bahwa Lesmana tengah menderita penyakit aneh. Dalam pertemuan mereka, Maya mengajak Alfie untuk mengunjungi villa milik Lesmana demi menguak rahasia yang mungkin disimpan oleh ayah mereka. Turut ikut dalam perjalanan ini adalah ibu Maya, Laksmi (Karina Suwandi), dan adiknya, Ruben (Samo Rafael), yang berniat untuk mencari aset-aset berharga milik Lesmana yang masih memungkinkan untuk dijual di villa tersebut. Mengingat Alfie tidak pernah akur dengan ibu tiri maupun saudara tirinya, maka tentu saja pertengkaran diantara mereka tak bisa lagi terelakkan sampai kemudian pertengkaran tersebut dibawa ke level lebih tinggi setelah salah satu dari mereka melakukan kesalahan fatal. Kesalahan tersebut adalah membuka sebuah pintu terlarang yang di dalamnya bersemayam iblis jahat yang tak segan-segan menghancurkan para manusia yang enggan menyembah kepadanya.

Sedari prolog yang menjabarkan cikal bakal tercetusnya persoalan yang dihadapi oleh Lesmana dan keluarganya, Sebelum Iblis Menjemput telah tancap gas. Tidak ada waktu bagi penonton untuk menyiapkan mental (jika kamu membutuhkannya, lakukan sebelum logo LSF muncul) dan film juga tidak menghabiskan banyak waktu untuk berbasa-basi. Usai sentakan awal di menit-menit awal, film lantas mempertemukan kita dengan karakter-karakter inti, yakni Alfie, Maya, Laksmi, serta Ruben, ketika mereka bertandang ke rumah sakit untuk menjenguk Lesmana. Perkenalan dilakukan secara cepat melalui interaksi canggung diantara mereka, tukar dialog bernada dingin yang menegaskan keberadaan konflik, dan sikap yang mereka tunjukkan. Dari sini penonton bisa mencecap bahwa Alfie masih menyimpan luka serta duka dari masa kecilnya yang pilu, sementara Maya dan Laksmi menyimpan maksud terselubung dibalik sikap manis yang ditunjukkannya kepada Alfie. Ketiga karakter tersebut mempunyai agendanya masing-masing ketika memutuskan untuk mengunjungi villa milik Lesmana yang seketika terungkap tidak lama setelah mereka menapakkan kaki di sana. Tak hanya mengungkap rahasia para karakter, kunjungan ke villa ini sekaligus menandai dimulainya teror. Timo memang telah melakukan pemanasan lewat prolog dilanjut adegan di rumah sakit, tapi begitu pintu menuju neraka telah dibuka secara resmi oleh manusia-manusia kurang syukur ini, dia melepas segala-galanya.

Alhasil, kesempatan untuk menghembuskan nafas lega seketika lenyap. Teror yang digebernya terus mengalami eskalasi dari sisi ketegangan dan kegilaan di setiap menitnya. Apa yang kamu anggap menyeramkan di separuh awal, bisa jadi belum ada apa-apanya dibandingkan apa yang akan kamu jumpai di paruh selanjutnya. Sebelum Iblis Menjemput boleh saja tidak menawarkan kelokan berarti pada narasinya (jangan bersedih ya, para pemburu plot twist!), tapi film ini senantiasa memberi kejutan dalam hal performa jajaran pemain dan teror. Oh ya, akting trio Chelsea Islan, Pevita Pearce, dan Karina Suwandi di sini sungguh ngeri-ngeri sedap. Ini adalah permainan lakon langka yang mungkin tidak akan lagi kamu jumpai di film selanjutnya. Mereka memang pernah mengatakan peran di sini meminta ketiganya keluar dari zona nyaman. Tapi saya tak pernah menyangka, mereka dibuat babak belur sedemikian rupa yang menghilangkan kesan cantik nan anggun. Mereka berteriak-teriak, berkeringat, berlumuran darah, bermandikan lumpur, sampai dibanting-banting. Saya ngilu-ngilu sendiri melihatnya. Di tangan Chelsea, sosok Alfie terlihat seperti jagoan badass meski hatinya rapuh, sedangkan Pevita dan Karina tampak menyeramkan setelah topeng santun mereka terlepas. Ketiganya mempersembahkan akting terbaik dalam karir keaktoran masing-masing, khususnya Pevita yang menghempaskan citra perempuan manja, manis, atau baik-baik yang selama ini diembannya. Disamping mereka, masih ada pula Ray Sahetapy, Samo Rafael, serta Ruth Marini yang juga menyumbang performa tak kalah mengesankan.

Kejutan dari sisi akting ini turut berimbas pula ke permainan terornya yang terjaga konsisten dari awal hingga akhir. Memang sih, rentetan adegan klasik khas film horor seperti kerasukan, ranjang bergoyang, cilukba dengan setan, terpisah dari rombongan lalu kejar-kejaran di hutan, masih jamak kamu jumpai di sini. Bahkan, Timo juga bermain-main dengan jump scares untuk membuat penonton terlonjak dari kursi. Akan tetapi yang kemudian menghindarkannya dari kesan murahan serta menjengkelkan adalah pengemasannya yang berkelas. Si pembuat film tidak mengeluarkannya secara ujug-ujug bermodalkan formula asal kaget, melainkan ada proses menuju ke sana yang sebetulnya sudah bisa kita antisipasi apabila menaruh atensi pada narasi. Menariknya, sekalipun telah menerka kapan trik tersebut akan dimunculkan, diri ini masih tak sanggup untuk mengontrol tawa – sebagai bentuk penyaluran rasa gugup atau takut – maupun pekikan kekagetan. Keterampilan Timo dalam mengatur waktu kemunculan, kemampuannya memoles kembali trik-trik usang sehingga membuatnya terlihat segar, serta sokongan elemen teknis seperti penyuntingan, sinematografi, dan tata rias (serius, make up setannya serem abis!) menjadi kunci keberhasilannya di sini. Saya awalnya sempat was-was saat mendapati Sebelum Iblis Menjemput masih mengaplikasikan keklisean film horor (beberapa diantaranya telah saya sebut di atas), dan film ini turut menjumput referensi secara terang-terangan dari The Evil Dead (1981) beserta Drag Me to Hell (2009) rekaan Sam Raimi. Tapi melihat eksekusinya yang menunjukkan film ini ditangani oleh orang yang tepat, saya pun tidak keberatan sama sekali toh ada kreatifitas pengolahan di dalamnya sehingga memiliki cita rasa berbeda sekalipun tampak sama di permukaan.

Sebuah cita rasa yang bisa kamu kenali, terlebih jika kamu telah akrab dengan karya-karya Timo dan The Mo Brothers (kolaborasinya bersama Kimo Stamboel). Itu berarti, permainan visual gila melibatkan darah-darahan yang bikin ngilu masih menjadi komponen andalan di sini sekalipun level kesadisannya telah diturunkan secara signifikan demi menggapai rating 17+ dan merangkul audiens lebih luas. Keputusan untuk meminimalisir darah ini harus diakui agak membatasi Timo untuk gila-gilaan secara membabi buta, tapi untungnya, ini tidak menghambat kreatifitasnya dalam mengkreasi momen-momen dengan daya kejut nyata. Salah satu bukti keberhasilannya terlihat dari beberapa kawan yang enggan menyingkirkan penutup dari pandangan dan saya sebagai penggemar film horor sempat beberapa kali dibuat kegirangan selama menontonnya. Walau pada akhirnya adegan menyeramkannya tak seikonik Pengabdi Setan, Sebelum Iblis Menjemput mampu menghadirkan deretan teror keras nan gila disertai akting, elemen teknis dan narasi mumpuni yang seketika mempersilahkannya berdiri di level yang sama dengan Pengabdi Setan. Ibarat genre, Pengabdi Setan adalah drama komedi, sementara Sebelum Iblis Menjemput berada di ranah action. Bagus!

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.