Feature


Senin, 01 April 2019 - 20:55:19 WIB
Meski Juarai Box Office, Debut Dumbo Dianggap Di Bawah Ekspektasi
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 277 kali

Film adaptasi live-action animasi Disney terbaru, Dumbo, ternyata tidak mampu terbang setinggi yang diperkirakan semula. Memang Dumbo sanggup menjadi juara box office pekan ini, namun debutnya yang mengumpulkan sebesar $45 juta di Amerika Utara tetap di bawah ekspektasi sebelumnya, yaitu sebesar $50 juta.

Sementara itu, di pasar internasional film karya sutradara Tim Burton ini mengumpulkan sekitar $71 juta, sehingga total global film adalah sebesar $116 juta. Bujet Dumbo sendiri dilaporkan adalah sebesar $170 juta, yang tentunya tidak kecil, sehingga boleh dikatakan debut Dumbo ini cukup mengecewakan.

Apalagi ulasan kritikus tidak semuanya positif. Film hanya mendapatkan rating 53% di Rotten Tomatoes. Meski rasa-rasanya ulasan yang cenderung standar tersebut tidak berkontribusi besar untuk menarik penonton untuk berbondong-bondong ke bioskop, namun ternyata mereka yang sudah menyaksikan filmnya merasa cukup suka dengan filmnya. Terbukti penonton memberikan A- di CinemaScore.

Meski begitu, pihak Disney cukup optimis dan sebagaimana yang diungkap oleh Cathleen Taff, wakil presiden eksekutif untuk distribusi teatrikal Disney, debut Dumbo cukup solid. Ia juga berharap agar word-of-mouth yang positif bisa membantu filmnya di pasaran.

Mengingat Dumbo menjadi penguasa posisi teratas box office, maka film horor Jordan Peele, Us, melorot ke posisi 2 dengan tambahan $33.6 juta. Total pendapatan film sejauh ini adalah $128.2 juta secara domestik. Sementara total pendapatan internasional film adalah sebesar $46.3 juta. Dengan demikian total global Us adalah $174.5 juta.

Dengan penurunan yang hanya 52.7% di pekan keduanya, sebenarnya performa Us masih cukup bagus, apalagi mengingat film horor biasanya mengalami penurunan jumlah pemasukan yang sangat besar di pekan kedua mereka.

Captain Marvel juga turun satu peringkat ke posisi 3 dengan $20.5 juta di pekan keempatnya. Dengan tambahan internasional sebesar $26.4 juta, film superhero yang dibintangi Brie Larson ini sudah semakin mendekati markah $1 miliar atau tepatnya $990.6 juta.

Bertahan di posisi 4 adalah drama remaja Five Feet Apart, yang mendapat tambahan $6.2 juta. Melengkapi 5 besar adalah pendatang baru lain, Unplanned. Drama anti-aborsi bernuansa religi yang menyasar pasar penonton konservatif ini debut dengan $6.1 juta, yang kabarnya telah menutupi bujet produksinya yang hanya $6 juta saja.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara periode 29-31 Maret 2019:

  1. “Dumbo” – $45 juta
  2. “Us” – $33.6 juta
  3. “Captain Marvel” – $20.5 juta
  4. “Five Feet Apart” – $6.2 juta
  5. “Unplanned” – $6.1 juta
  6. “Wonder Park” – $4.9 juta
  7. “How to Train Your Dragon: The Hidden World” – $4.2 juta
  8. “Hotel Mumbai” – $3.2 juta
  9. “Tyler Perry’s a Madea Family Funeral” – $2.7 juta
  10. “The Beach Bum” – $1.8 juta


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.