Feature


Rabu, 23 Januari 2019 - 21:50:40 WIB
Netflix Dapatkan Nominasi Best Picture Oscar Pertama Bekat Roma
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 388 kali

Netflix akhirnya bisa mendapatkan nominasi bergengsi piala Oscar, Best Picture, berkat film karya Alfonso Cuaron, Roma. Platform streaming terbesar di dunia ini memang semakin dikenal di beberapa tahun terakhir ini berkat barisan content orisinal mereka, baik serial maupun film fiksi panjang atau dokumenter.

Departemen film mereka memang tidak selalu memiliki koleksi judul yang membanggakan, tapi semenjak Beasts of No Nation yang dirilis di tahun 2015, Netflix tampak makin gencar dalam berupaya untuk mendapatkan perhatian dari ajang penghargaan, utamanya Academy Awards. Piala utama selalu menjadi prioritas dan tahun ini akhirnya target tersebut bisa tercapai, dan bahkan memiliki peluang sangat besar untuk memenangkannya.

Roma tidak hanya menjadi film Netflix pertama yang meraih nominasi Best Picture, namun juga memimpin dengan 10 buah nominasi sekaligus, seri dengan film Yorgos Lanthimos, The Favourite.

Selain Best Picture, Roma juga mendapatkan nominasi di kategori utama lain, yaitu sutradara terbaik untuk Cuaron serta kategori akting (utama dan pendukung) untuk dua aktrisnya, Yalitza Aparicio dan Marina de Tavira.

 

 

Saingan Roma untuk mendapatkan gelar Best Picture adalah BlacKkKlansman, Bohemian Rhapsody, Green Book, A Star Is Born, Vice dan film Marvel, Black Panther, yang menjadi film superhero pertama meraih nominasi film terbaik Oscar.

Jelas keberhasilan Roma ini menjadi langkah penting bagi Netflix, mengingat perusahaan ini mendapat tekanan yang cukup banyak di Hollywood, yang penyebab utamanya karena ia adalah sebuah layanan streaming dan hanya merilis film di layar lebar dengan jumlah bioskop terbatas, sebagai syarat agar bisa berkompetisi di ajang penghargaan.

Memang Netflix menghadirkan layar bioskop yang relatif lebih banyak untuk Roma dibandingkan yang biasa mereka lakukan. Tidak hanya itu, dikabarkan Netflix telah menggelontor bujet yang besar untuk kampanye dan promosi Roma yang mengusung visual hitam-putih dan berbahasa Spanyol ini.

Keberhasilan Roma hanya berselang lima tahun setelah Netflix mendapatkan nominasi Oscar pertama mereka melalui film dokumenter The Square. Tahun lalu Netflix mencoba dengan Mudbound yang mendapatkan beberapa nominasi, namun gagal masuk di kategori film terbaik.

Netflix memang layak bangga dengan keberhasilan Roma, setelah di beberapa tahun terakhir agak sulit menentukan siapa frontrunner nyata di bursa Best Picture Oscar, maka tahun ini rasa-rasanya Roma menjadi kandidat utama yang paling besar kansnya. Dan jika benar terjadi, maka Roma akan menjadi film berbahasa asing pertama yang pernah memenangkan Best Picture.

Nominasi Academy Awards ke-91 lain yang didapat Roma adalah Foreign Language Film, Best Original Screenplay (Alfonso Cuaron), Best Cinematography, Best Production Design, Sound Editing dan Sound Mixing. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 24 Februari.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.