Feature


Rabu, 02 Januari 2019 - 22:25:38 WIB
Avengers, Black Panther, Venom, Aquaman. Inilah 10 Film Terlaris 2018
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 625 kali

Tahun 2018 yang baru saja berakhir merupakan sebuah tahun yang masif untuk industri perfilman Hollywood. Dibuktikan dengan beberapa pecahan rekor di tangga box office. Meski begitu, film apa saja yang sukses besar di sepanjang tahun 2018 lalu? Screenrant.com punya jawabannya.

Industri perfilman di tahun 2018 lalu dibuka dengan gemilang berkat kesuksesan film Marvel Studio, Black Panther, yang kemudian mengumpulkan sekitar $1.3 miliar secara global. Black Panther kini tercatat sebagai film Marvel Cinematic Universe terlaris sepanjang masa secara domestik (Amerika Utara) dan terlaris ketiga secara global, tepat berada di belakang dua film Avengers.

Tahun lalu juga menjadi tahun untuk banyak film blockbuster, seperti Avengers: Infinity War, Deadpool 2, atau Jurassic World: Fallen Kingdom. Tapi kemudian memunculkan pertanyaan, bisakah mereka menyusul kesuksesan Black Panther di awal tahun mengingat begitu beratnya persaingan di antara mereka.

Ternyata jawabannya bisa, jika menilik daftar 10 film terlaris tahun 2018 secara global (per-31 Desember 2018), di mana film-film tersebut masuk di dalamnya.

Sebelum masuk ke 10 besar, berikut film-film terlaris 2018 dari peringkat 15 hingga 11:

15. "Meg" ($530.2 juta)
14. "Detective Chinatown 2" ($544.1 juta)
13. "Operation Red Sea" ($579.2 juta)
12. "Ready Player One" ($582.9 juta)
11. "Ant-Man & The Wasp" ($622.7 juta)

Dan berikut 10 besar film terlaris tahun 2018:


10. FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF GRINDELWALD ($627.5 Juta)


Meski hanya mendapat 40% di Rotten Tomatoes – terburuk dalam sejarah franchise Harry PotterFantastic Beasts 2 tidak menemui hambatan berarti dalam menyedot penonton untuk berbondong-bondong memdatai bioskop yang menayangkannya. Masalah yang merundung Johnny Depp ternyata tidak mempengaruhi performa film di tangga box office.


9. BOHEMIAN RHAPSODY ($702.5 Juta)


Meski biopic band legendaris Queen dan sang frontman ikoniknya, Freddie Mercury, garapan Bryan Singer ini hanya mendapatkan ulasan medioker dari para kritikus (62% RT), tapi penonton di berbagai sudut dunia rupanya sangat menyenangi kisah yang disajikan Bohemian Rhapsody. Tidak heran jika film kini tercatat sebagai film biopic musik terlaris sepanjang masa.


8. DEADPOOL 2 ($735.6 Juta)


Mengingat begitu suksesnya Deadpool di tahun 2016 lalu, tidak heran jika Fox sama sekali tidak ragu akan performa sekuelnya di box office. Dan memang benar adanya. Meski Deadpool 2 tidak begitu mampu menyamai prekuelnya dalam memecahkan rekor pekan pembuka untuk film berating R, tapi tetap saja kekonyolan dan vulgaritas Wade Wilson dalam beraksi laga membuat filmnya menarik minat banyak penonton.


7. AQUAMAN ($748.8 Juta)


Salah satu kejutan box office terbesar di pertengahan tahun 2018 ternyata film rilisan Warner Bros. dan DC Films, Aquaman, film DCEU pertama selepas Justice League yang gagal baik dari segi komersial maupun tanggapan kritikus. Meski petualangan Arthur Curry disambut biasa-biasa saja oleh kritikus (64% RT), namun penonton awam justru sangat mencintai sang Raja Atlantis. Tidak heran pendapatannya meroket hingga hampir $800 juta. Mengingat film masih tayang di berbagai bioskop dunia, maka diperkirakan Aquaman akan menembus markah $1 miliar, yang nantinya tentu akan menggeser posisinya di daftar ini.


6. MISSION: IMPOSSIBLE – FALLOUT ($791 juta)


Bintang Hollywood papan atas, Tom Cruise, mungkin tidak lagi muda, tapi bukan berarti ia melambatkan geraknya dalam beraksi dengan aksi stunt yang berbahaya, sebagaimana yang ditunjukkannya dalam setiap film di franchise Mission: Impossible, termasuk yang paling baru, Fallout. Kerja kerasnya berbuah manis di box office karena film petualangan Ethan Hunt ini melampaui film-film sebelumnya. Bahkan kritikus pun menyukainya, dengan mendapatkan 97% Rotten Tomatoes.


5. VENOM ($855.2 Juta)


Walau banyak yang meragukan potensi kesuksesan film solo Venom yang tidak terhubung langsung dengan Spider-Man, terbukti keraguan mereka tak benar adanya, mengingat film mencatatkan rekor dengan debut terbesar di bulan Oktober. Film arahan Ruben Fleischer ini memang tidak disambut hangat kritikus (30% RT), tapi fans tidak sejutu dengan opini mereka yang menyebabkan Venom melambung tinggi dengan $800 juta secara global. Terlepas apakah Tom Hardy akan kembali memerankan Eddie Brock atau tidak, sebuah sekuel kemungkinan besar sudah di depan mata.


4. INCREDIBLES 2 ($1.24 Miliar)


Setelah penantian hampir 15 tahun lamanya, akhirnya film komedi superhero Pixar, The Incredibles, memiliki sebuah sekuel. Kritikus mencintainya (94% RT) dan begitu juga para penonton yang membuat film dengan cepat meraih sukses besar. Garapan Brad Bird ini telah mencapai $1 miliar dan dengan mudah mengalahkan ekspektasi orang-orang yang sempat meragukannya. Justru film ini telah mengungguli pendahulunya (yang mendapatkan total sebesar $633 juta), baik domestik maupun internasional.


3. JURASSIC WORLD: FALLEN KINGDOM ($1.30 Miliar)


Kesuksesan Jurassic World: Fallen Kingdom sudah bisa diduga mengingat pendahulunya merupakan sebuah mega box office saat dirilis di tahun 2015 ($1.672 miliar). Meski Fallen Kingdom tidak “seberuntung” prekuelnya dalam soal urusan kritikus (51% RT), namun secara finansial ia tetap mendulang pundi-pundi yang gemilang, meski memang tidak mampu menyamai prestasi pendahulunya. Tidak heran sudah aman langkah untuk sekuel berikutnya, yang rencananya akan tayang tanggal 11 Juni 2021.


2. BLACK PANTHER ($1.35 Miliar)


Para pengamat perfilman sudah tahu kalau film-film MCU pastilah sukses, termasuk Black Panther. Yang mereka tidak tahu kalau film nantinya meraih sukses yang sangat gila-gilaan. Film berseting negara Afrika fiktif bernama Wakanda ini kini tercatat sebagai film yang diangkat dari buku komik terlaris sepanjang masa di Amerika Serikat. Secara internasional Black Panther pun mendapat sambutan yang tak kalah meriah, sehingga film mampu mendapatkan $1.35 miliar dan 97$ Rotten Tomatoes.


1. AVENGERS: INFINITY WAR ($2.05 Miliar)


Sebagai puncak dari 10 tahun garis cerita Marvel Cinematic Universe, sudah dipastikan jika film arahan Joe dan Anthony Russo, Avengers: Infinity War, akan menjadi sebuah mega blockbuster. Tapi ternyata tetap saja ia mampu melampaui ekspektasi semula dengan mencatatkan rekor baru baik domestik maupun global. Infinity War mendorong Star Wars: The Force Awakens debut domestiknya dengan mendapatkan $257.7 juta dan mendapatkan total sebesar $2 miliar! Smash hit! Dan 84% rating Rotten Tomatoes pun melengkapinya.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.