Feature


Kamis, 27 Desember 2018 - 23:18:59 WIB
Aquaman Siap Berenang Lewati Markah $1 Miliar
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 943 kali

Meski baru saja tayang, namun Aquaman sudah meraup sukses besar. Dan jika trend-nya berlanjut, film terbaru DC Comics ini kemungkinan besar akan melewati markah keramat $1 miliar dalam periode tayangnya, sebagaimana yang dilaporkan oleh Forbes.

Sejauh ini performa semesta DC, yang dikenal sebagai DC Extended Universe, memang tidak terlalu mulus. Setidaknya jika menilik tanggapan atau ulasan kritikus. Hanya saja, saat sepertinya franchise tengah menuju kemandegan (Wonder Woman sukses secara finansial dan tanggapan kritikus, namun kemudian terjerembab lagi berkat Justice League), sebuah pahlawan muncul dan menjadi penyelemat, sang Aquaman. Untuk pertama kalinya, akan ada film semesta sinematik DC yang menembus $1 miliar.

Sampai tulisan ini diturunkan, Aquaman sudah mendapatkan sekitar $106 juta semenjak diluncurkan akhir pekan lalu dan mendapatkan $550 juta secara global. Film memang telah dirilis di beberapa pasar internasional sebelum dibuka di pasar domestik.

Ini adalah sebuah kejutan, karena bahkan beberapa tahun lalu saja ide tentang sebuah film yang berpusat pada karakter komik yang menjadi bulan-bulanan kelakar pop kultur kemudian bisa menjadi begitu sukses di box office pastilah dianggap sebuah kelakar juga. Tapi siapa nyana ia bahkan bisa melampaui film-film seperti Spider-Man: Homecoming atau Wonder Woman.

Menilik prospek jangka panjang box office Aquaman, sebuah laporan baru memberi indikasi jika Aquaman seharusnya tidak menemui kendala berarti dalam melampaui markah $900 juta dalam waktu dekat. Bahkan jika berjalan lancar ia kemudian akan menembus angka $1 miliar tadi.

Jika memang benar terjadi, Aquaman akan menjadi film rilisan 2018 kelima yang menembus markah $1 miliar selepas Avengers: Infinity War ($2.04 miliar), Black Panther ($1.34 miliar), Jurassic World: Fallen Kingdom ($1.304 miliar) dan Incredibles 2 ($1.24 miliar).

Tercatat bahwa Batman v Superman: Dawn of Justice merupakan film semesta DC terlaris sepanjang masa, dengan $873.6 juta. Aquaman akan melewati pendapatan total Justice Leaguse ($657.9 juta) dalam waktu dekat. Saat ini, aksi solo pertama Jason Momoa sebagai Arthur Curry tersebut telah lebih sukses secara internasional dibandingkan Man of Steel, Wonder Woman dan Justice League. Aquaman sangat laris utamanya di Tiongkok, di mana ia telah mengumpulkan sebesar $230 juta.

Inilah yang memang dibutuhkan oleh DC sebagai sebuah brand dan tentu saja sebuah kemenangan besar untuk Warner Bros., yang boleh dikatakan cukup merugi akibat Justice League. Sukses Aquaman rasa-rasanya juga akan berimbas positif pada film semesta DC berikutnya, Shazam!, yang akan dirilis di bulan April 2019.

Sukses Aquaman tentu tidak bisa lepas dari sang sutradara, James Wan. Veteran sinema horor ini (Saw, Insidious, The Conjuring) mampu membuat film yang mengkoneksikan antara kritikus dan fans, mengingat Aquaman sudah mendapatkan rating persetujuan sebesar 64% di Rotten Tomatoes dan 82% berdasarkan penilaian penonton.

Film-film lain, seperti Batman v Superman: Dawn of Justice dan Suicide Squad, meski juga sukses, namun memiliki performa buruk di mata kritikus, sehingga menjadi kunci pembeda dengan Aquaman. Tidak mengejutkan jika Warner Bros. sudah memberi lampu hijau untuk rencana pengembangan Aquaman 2, yang kemungkinan besar akan dikerjakan dengan gerak cepat, mengingat sukses yang didapatnya ini.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.