Feature


Kamis, 04 Oktober 2018 - 23:46:58 WIB
HBO Asia Hadirkan Suasana Mencekam Dalam Serial Antologi FOLKLORE Selama Halloween
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2795 kali

Serial original antologi horor pertama dari HBO Asia, FOLKLORE (#FolkloreHBO), merupakan serial enam episode berdurasi panjang yang mengambil lokasi di enam negara Asia – Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura dan Thailand – dengan tiap episode mengambil mitos dan takhayul yang dipercaya turun-temurun di negara setempat, menghadirkan mahluk supranatural dan kepercayaan gaib. Dimotori oleh beberapa sutradara dari berbagai negara di Asia, setiap episode difilmkan menggunakan bahasa negara tempat asal cerita. FOLKLORE berkisah tentang cerita horor Asia terkini, menggali disfungsi sosial dengan gaya khas dari setiap negara namun membawa tema yang akan bergaung ke seluruh kawasan Asia. Enam episode FOLKLORE dengan durasi satu jam akan mengambil lokasi di beberapa negara Asia, seperti Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura dan Thailand, dan setiap episode akan mengambil cerita takhayul dan mitos dari tiap negara.

FOLKLORE merupakan serial HBO Asia Original, yang diproduksi dengan dukungan Infocomm Media Development Authority (IMDA), dan hasil karya pembuat film ternama Singapura, Eric Khoo. Keenam sutradara yang terlibat dalam FOLKLORE adalah Joko Anwar (serial HBO Asia “Halfworlds”, “Pengabdi Setan”) dari Indonesia, Takumi Saitoh (“Blank 13”, “Ramen Teh”) dari Jepang, Lee Sang-Woo (“Barbie”, “Fire In Hell”, “Dirty Romance”) dari Korea, Ho Yuhang (“Rain Dogs”, “Mrs. K”) dari Malaysia, Eric Khoo(“Ramen Teh”, “12 Storeys”) dari Singapura dan Pen-Ek Ratanaruang(“Samui Song”, “Last Life in the Universe”) dari Thailand.

FOLKLORE juga menghadirkan sejumlah pemain dari seluruh Asia. Beberapa yang sangat terkenal, aktor Jepang, Kazuki Kitamura (“Godzilla: Final Wars”, “Kill Bill: Volumes 1 & 2”), aktor Malaysia, Bront Palarae(serial HBO Asia “Halfworlds Seasons 1 & 2”, “Pengabdi Setan”) dan aktor Korea,Lee Chae-Yeon (“Running Man”, “Please Find Her”, “Blow Breeze”) menjadi pemeran utama dalam episode asal negaranya.

Panduan episode untuk FOLKLORE:

Episode #1: “Folklore: A Mother’s Love”

Tanggal tayang: Minggu, 7 Oktober jam 21.00 WIB di HBO

Disutradarai oleh: Joko Anwar (Indonesia)

Pemain: Marissa Anita, Muzakki Ramdhan

Seorang ibu dan anaknya yang mendapati sekelompok anak berpenampilan kotor dan kelaparan tinggal di loteng rumah mewah. Ketika tengah menyelamatkan dan mengembalikan mereka ke keluarga, ia tanpa sadar telah merenggut anak-anak tersebut dari sang ibu angkat –Wewe Gombel – dan sekarang harus waspada terhadap amukan balas dendamnya.

 

Episode #2: “Folklore: Tatami”

Tanggal tayang: Minggu, 14 Oktober jam 21.00 WIB di HBO

Disutradarai oleh: Takumi Saitoh (Jepang)

Pemain: Kazuki Kitamura, Misuzu Kanno, Daisuke Kuroda, Shima Onishi

Seorang penulis kisah pembunuhan pulang ke rumahnya untuk menghadiri pemakanan sang ayah dan mulai mengalami kejadian-kejadian masa kecilnya secara terus menerus. Ia kemudian menemukan sebuah pintu rahasia di rumah itu yang membawanya menuju ruangan dimana tersimpan rahasia mengerikan dari masa lalu keluarganya.

 

Episode #3: “Folklore: Nobody”

Tanggal tayang: Minggu, 21 Oktober jam 21.00 WIB di HBO

Disutradarai oleh: Eric Khoo (Singapura)

Pemain: Li Wen Qiang, Maguire Jian, Sivakumar Palakrishnan, Aric Hidir, Louis Wu, Dayang Nurbalqis

Sosok Pontianak yang terbangun ketika seorang mandor dan pekerja bangunan tengah mengubur jazad seorang gadis yang tewas daripada membakarnya. Serangkaian kejadian buruk mulai terjadi di lokasi bangunan tersebut.

 

Episode #4: “Folklore: Pob”

Tanggal tayang: Minggu, 28 Oktober jam 21.00 WIB di HBO

Disutradarai oleh: Pen-Ek Ratanaruang (Thailand)

Pemain: Nuttapon Sawasdee, Parama Wutthikornditsakul, Thomas Burton Van Blarcom

Seorang jurnalis yang bertemu dengan Pob, hantu khas Thailand, yang mengaku melakukan pembunuhan. Akhirnya menemukan tempat berbagi cerita, Pob menjelaskan bagaimana pembunuhan itu terjadi dan meminta kisah tersebut dipublikasinya. Sang jurnalis menolak dan akhirnya membuat kesepakatan seumur hidup.

 

Episode #5: “Folklore: Toyol”

Tanggal tayang: Minggu, 4 November jam 21.00 WIB di HBO

Disutradarai oleh: Ho Yuhang (Malaysia)

Pemain: Bront Palarae, Nabila Huda, Redza Minhat

Seorang anggota parlemen yang berasal dari kota nelayan meminta bantuan sosok perempuan misterius yang memiliki kekuatan gaib dalam upaya menyelamatkan kotanya dari masalah perekonomian. Ia memperbaiki seluruh masalah dan keduanya menjadi kekasih. Namun, sang perempuan memiliki rahasia kelam yang akan merusak kehidupannya.

 

Episode #6: “Folklore: Mongdal”

Tanggal tayang: Minggu, 11 November jam 21.00 WIB di HBO

Disutradarai oleh: Lee Sang Woo (Korea)

Pemain: Lee Chae-Yeon, Jeong Yun Seok

Seorang ibu berusaha menenangkan suasana hati dan tuntutan anaknya yang psikopat. Ketika seorang gadis pendatang baru hadir di kota, membuat sang anak langsung jatuh cinta pada sang gadis dan bertekad mendapatkannya meski ia menolaknya. Peristiwa ini berubah secara tragis, ibunya tak akan berhenti membuat sang anak bahagia bahkan jika harus membuat sang mempelai perempuan bersama anaknya di akhirat.

“Folklore: A Mother’s Love” dari sutradara Indonesia Joko Anwar dan “Folklore: Pob”, disutradarai olehPen-Ek Ratanaruang dari Thailand baru-baru ini telah terpilih untuk ajang bergengsi 43rd Toronto International Film Festival® (TIFF). Ini merupakan pertama kalinya serial TV Asia secara resmi terpilih sejak dimulainya Primetime programme di TIFF pada 2015. Primetime programme menjadikan tayangan televisi internasional terbaik ke dalam layar lebar, dengan fokus pada kekuatan jalan ceritanya yang mendobrak batasan dari sekedar serial original dan rancangan episodik.

FOLKLORE merupakan bagian dari kemitraan dua-setengah tahun dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA). Melalui sejumlah pelatihandan kolaborasi dengan perusahaan dan talen setempat untuk produksi-produksi HBO Asia Original, kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan produksi konten di kalangan industri media Singapura.

HBO Asia telah melakukan produksi Original pada 2012 dan sejak itu telah mengembangkan sejumlah produksi Original Asia seperti serial, film dan dokumenter. FOLKLORE menandai produksi Original Asia ke dua-belas dari HBO Asia, yang kebanyakan akan tayang di tahun depan. Beberapa produksi Original Asia dari HBO Asia antara lain GRISSE – serial drama delapan episode berdurasi panjang yang mengambil setting pertengahan 1800an periode kolonial masa penjajahan Hindia Belanda dan THE WORLD BEHIND THE TEENAGE PSYCHIC – dokumenter berbahasa Mandarin berdurasi panjang yang menceritakan lebih dalam tentang praktik perdukunan yang unik selama Ghost Month di Taiwan.

FOLKLORE tayang perdana Minggu, 7 Oktober jam 21.00 WIB eksklusif di HBO. Episode terbaru akan tayang pada jam yang sama setiap Minggu. Serial ini juga dapat diakses streaming di HBO GO dan akan tersedia di HBO On Demand.


 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.