Feature


Kamis, 27 September 2018 - 13:33:10 WIB
Fantastic Beasts Crimes of Grindelwald Sajikan Trailer Dengan Twist Kontroversial
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2357 kali

Setelah hampir setahun ini muncul spekulasi jika Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald akan mengungkap asal usul ular peliharaan Voldemort, Nagini, kini trailer terbaru film sudah mengkonfirmasi hal tersebut.

Trailer Fantastic Beasts 2 (selanjutnya disebut begitu), mengungkap jika Nagini awalnya berwujud sebagai manusia dan diperankan oleh aktris berdarah Korea, Claudia Kim.

Saat foto para pemeran Fantastic Beasts 2 diungkap di bulan November tahun lalu, karakter yang diperankan Kim masih tidak diungkap siapa namanya, kecuali disebut sebagai Maledictus, yang sebagaimana disebut Pottermore sebagai “pembawa darah kutukan yang pada akhirnya akan berubah secara permanen menjadi sosok monster.”

Saat trailer debut di hari Selasa, 25 September lalu, ada sebuah adegan di mana Credence (diperankan Ezra Miller), membisikkan nama “Nagini” sebelum karakter yang diperankan Kim berubah menjadi ular dalam sebuah kerangkeng yang sepertinya berada dalam sebuah sirkus.

Kim juga sempat membicarakan tentang karakternya yang merupakan anggota Circus Arcanus kepada Entertainment Weekly, menjelaskan kalau menurutnya Nagini versi manusia tidak akan seperti apa yang diharapkan oleh para fans Harry Potter:

It will be so interesting to see another side of Nagini. You’ve only seen her as a Horcrux. In this, she’s a wonderful and vulnerable woman who wants to live. She wants to stay a human being and I think that’s a wonderful contrast to the character.

Kim juga menyebutkan jika Nagini memiliki kekuatan yang belum dieksplorasi, meski ia belum berani mengkonfirmasi jika kekuatan Nagini mirip dengan para penyihir. Dan Nagini tidak memiliki tongkat sihir.

Mungkin saja konfirmasi Nagini ini memuaskan sebagian besar para fans Harry Potter, tapi bukan tanpa kontroversi tersendiri. Tidak butuh lama setelah trailer dirilis para netizen membanjir internet dengan kritikan karena dianggap melakukan rasisme dengan mengajak aktor berdarah Asia sebagai sosok monster seperti Nagini.

Ada juga yang menyebut pemilihan Kim hanya untuk alasan representasi saja, karena dianggap seri Harry Potter sebelum ini memang lebih didominasi barisan aktor berkulit putih. Ada juga yang menganggap sisi representasi ini salah kaprah karena justru menyudutkan ras tertentu ketimbang bersifat positif atau membangun.

 

 

J.K. Rowling, sebagai penulis dan kreator seri Harry Potter kemudian memberi konfirmasi melalui akun media sosialnya, yang menyebutkan jika nama Nagini terinspirasi dari Naga, sosok mitologi asal Indonesia yang bangsanya terdiri dari berbagai etnisitas seperti Jawa, Tiongkok atau Betawi, sehingga pemilihan Kim bukanlah berbasis rasisme atau menyudutkan ras tertentu. Rowling kabarnya sudah menyimpan selama 20 tahun detil tentang Nagini ini.

Sementara itu, menilik akun media sosialnya, aktris Indonesia Acha Septriasa rupanya pun sempat dipertimbangkan untuk menjadi Nagini, yang sayang urung terjadi karena Acha sedang mengandung saat itu.

Simak trailer final Fantastic Beasts: Crimes of Grindelwald di bawah ini:


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.