Feature


Jumat, 29 Desember 2017 - 15:56:01 WIB
Simak 'Dunkrik' Sebagai Film Bisu Pendek Yang Tak Kalah Epik
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2705 kali

Film rilisan Warner Bros., Dunkirk, kini sudah tersedia dalam bentuk Blu-ray maupun DVD. Dan seorang fan telah memanfaatkan footage yang ada untuk memberi highlight kenapa film epik Perang Dunia II karya Christopher Nolan tersebut memang minim dari segi dialog. Oleh karenanya film kemudian diedit ulang dalam sebuah film bisu pendek.

Hasilnya mempertegas kuatnya penceritaan Nolan yang dibagi menjadi tiga bagian dalam filmnya. 

Meski Dunkirk versi orisinal memang memiliki dialog yang minimalistik, video editan ini dengan gemilang memberi penekanan pada drama kuat yang disajikan film bahkan dalam absennya dialog. 

Film pendek berdurasi kurang lebih 8 menit ini merupakan kreasi dari orang-orang yang berada di belakang saluran YouTube bernama Like Stories of Old. Film bisu ini dengan efektif kekuatan penceritaan secara visual yang kuat dari Nolan, meskipun adegan-adegannya hanya memperlihatkan sebagian dari apa yang disajikan film orisinalnya secara utuh. 

Film bisu ini memberi fokus pada aspek pertempuran di darat, laut dan udara dan meski tetap mengedepankan pengaruh Nolan dalam filmnya, namun bisa dikatakan memperlihatkan nuansa yang agak berbeda. Meski dikerjakan dengan baik dan dengan hasil akhir yang tak kalah baik pula, film pendek bisu ini tentunya tidak lebih baik dibandingkan apa yang dilakukan Nolan. Meski begitu bisalah menjadi semacam pelengkap untuk versi panjangnya. 

Menarik untuk melihat bagaimana visi Nolan yang menginginkan filmnya direkam dalam film 70mm kemudian dikonversi dalam sebuah video YouTube hitam dan putih. 

Versi 70mm disebutkan memiliki gambar yang lebih tajam dan hangat dibandingkan digital. Beberapa orang bahkan membandingkannya dengan sebuah lukisan hidup. Tentu saja hal-hal seperti ini tidak akan bisa kita saksikan dalam film pendeknya. Apalagi jika melihatnya dari ponsel.

Meski begitu, tampaknya efek teknis bukan perhatian utama oleh para pembuat film pendek. Film ini jelas diniatkan hanya sebagai sebuah tribut kepada talenta penceritaan memikat yang dimiliki Nolan. 

Jelang akhir tahun ini, Dunkirk sendiri telah masuk dalam daftar film terbaik tahun 2017 oleh banyak kritikus. Dan rasa-rasanya kecil kemungkinan Nolan merilis ulang Dunkirk dalam versi hitam-putih, seperti Logan misalnya. Oleh karenanya kehadiran film pendek hitam-putih ini bisalah menjadi semacam pemuas dahaga akan keinginan tersebut. 

Oleh karena itu, mengapa tidak menyaksikan filmnya di bawah ini, selagi masih ada kesempatan. Sebagai catatan, berkenaan masalah hak cipta, musik latar tidak menggunakan aransemen musik Hans Zimmer yang tak kalah mengesankan.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.