Feature


Selasa, 26 Desember 2017 - 20:59:46 WIB
Inilah Deretan Film Terburuk 2017 Versi Rotten Tomatoes
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3742 kali

Terlepas dari kontroversi akurat atau tidaknya situs generator rating film populer Rotten Tomatoes dalam menentukan apakah sebuah film bagus atau tidak - selain anggapan merusak sistem penilaian film yang objektif - tapi tidak bisa dihindarkan jika saat ini situs berbasis metrik memang menjadi andalan bagi penonton awam sebelum menyaksikan sebuah film.

Tahun 2017 sendiri disebut-sebut bukan tahun gemilang industri perfilman. Meski secara box office cukup banyak film yang memiliki performa mencengangkan bahkan memecahkan rekor, namun secara umum disebutkan mengalami penurunan dari segi pendapatan. 

Salah satu alasan mengapa disebut bukan tahun gemilang perfilman bisa jadi karena banyaknya film "besar" yang mendapatkan rating jelek. Setidaknya jika menilik Rotten Tomatoes yang telah merilis daftar film terburuk versi mereka untuk tahun ini. 

Penting menjadi catatan daftar ini dihimpun berdasarkan metrik Rotten Tomatoes, bukan serangan personal untuk setiap film yang masuk dalam daftar. Setiap film pastilah memerlukan kerja keras dan uang besar dalam pengerjaanya, sehingga para pembuatnya tentunya tidak berharap menghasilkan sebuah film jelek. 

Akan ada yang setuju dengan daftarnya. Ada juga yang tidak, meski mungkin memang ada kesepakatan umum untuk beberapa film yang dianggap jelek, seperti Emoji Movie misalnya (yang ternyata "sukses" tidak menjadi film paling buruk tahun ini).

Berada di urutan 20 adalah film adaptasi anime klasik, Ghost in the Shell, yang memiliki rating hanya 46% di Rotten Tomatoes. Klaim "whitewashing" yang menghampiri film bahkan sebelum rilis sepertinya sudah menjadi pertanda buruk akan nasib film, yang memang tidak bagus baik secara box office maupun kualitasnya secara umum. Meski disebut terburuk rasa-rasanya tidak juga, karena secara relatif filmnya masih memiliki beberapa nilai lebih.

Begitu juga dengan posisi 19, yaitu Justice League, yang mendapatkan rating 40% dan bergabung bersama sebagian besar rekannya dalam DC Extended Universe yang memiliki rating kurang bagus, yaitu Batman v Superman: Dawn of Justice (27%) dan Suicide Squad (26%).

Sementara itu The Mummy (16%), The Dark Tower (16%) dan Transformers: The Last Knight (15%) masuk dalam 10 besar. Siapa yang mengisi posisi paling atas, atau bawah dalam konteks ini? Ternyata adalah film komedi Morgan Freeman, Just Getting Started dengan rating hanya 5% saja.

Sekali lagi ini hanya merupakan hasil metrik, karena bagaimanapun film sifatnya personal, karena bisa saja filmnya ternyata memang tidak sejelek itu dan film yang secara konsensus benar-benar jelek bahkan tidak masuk ke dalamnya.

Terlepas dari itu, kita bisa melihat film apa saja yang mendapat ulasan cukup buruk dari para kritikus untuk tahun ini. 

Dan berikut daftar film terburuk versi Rotten Tomatoes untuk edisi tahun 2017:

20. Ghost in the Shell (46%)

19. Justice League (40%)

18. Jigsaw (34%)

17. Monster Trucks (31%)

16. Wonder Wheel (30%)

15. King Arthur: Legend of the Sword (30%)

14. Bad Moms Christmas (28%)

13. The Book of Henry (21%)

12. Underworld: Blood Wars (20%)

11. Daddy's Home 2 (18%)

10. All Eyez on Me (18%)

9. The House (17%)

8. The Dark Tower (16%)

7. The Mummy (16%)

6. Transformers: The Last Knight (15%)

5. Emoji Movie (9%)

4. Nut Job 2: Nutty by Nature (9%)

3. Rings (7%)

2. Tyler Perry's Boo! 2: A Madea Halloween (6%)

1. Just Getting Started (5%)


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.