Feature


Senin, 25 Desember 2017 - 20:52:24 WIB
Alami Penurunan Pendapatan Besar, 'The Last Jedi' Tetap Juara Bertahan Box Office
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2418 kali

Di pekan keduanya, Star Wars: The Last Jedi tetap mampu mempertahankan posisinya sebagai juara box office Amerika Utara. Film mendapatkan sebesar $68.5 juta dari penayangan di sekitar 4.323 lokasi. 

Film arahan sutradara Rian Johnson ini mampu menahan laju para pendatang baru di akhir pekan lalu, seperti Jumanji: Welcome to the Jungle, Pitch Pefect 3 dan The Greatest Showman

Memang biasanya di pekan kedua penayangan, pendapatan sebuah film mengalami penurunan yang relatif besar. Meski begitu, pendapatan The Last Jedi ini mengalami jumlah penurunan yang jumlahnya sangat signifikan, yaitu sebesar 69% dari pendapatan debutnya, yaitu kurang lebih sebesar $200 juta.

Dan ini tercatat sebagai penurunan pekan kedua yang paling tinggi dari jajaran film-film di seri Star Wars lainnya. Bahkan The Last Jedi "mengalahkan" pemegang posisi sebelumnya, yaitu Rogue One: A Star Wars Story, yang mengalami penurunan sebesar 59%.

Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat di diagram yang dipublikasikan oleh Forbes di bawah ini (dengan pengecualian trilogi pertama Star Wars):

Sumber: Forbes

Memang patut menjadi catatan, jika hari ke-10 penayangan The Last Jedi jatuh di pekan Natal, yang biasanya memang cenderung sepi penonton. Tapi film sebelumnya, The Force Awakens, juga ditayangkan di periode waktu yang sama, namun tidak mengalami penurunan "separah" The Last Jedi, sebagaimana yang bisa dilihat di diagram di atas. Bahkan penurunan yang dialami The Force Awakens di pekan keduanya masih tercatat yang paling "minimal" dibandingkan judul-judul Star Wars lain. 

Sebagai perbandingan, untuk peredaran domestik The Force Awakens mendapatkan sekitar $247.9 juta di pekan pertamanya dan $149.2 juta di pekan keduanya atau penurunan sebesar 39.8%. The Force Awakens juga berhasil menyabet prestasi sebagai film kedua dengan pendapatan pekan kedua terbesar sepanjang masa. Pada tanggal 2 Januari, setelah tayang selama 16 hari, film mendapatkan sebesar $700 juta.

Memang banyak faktor yang menyebabkan hal ini (pekan Natal dan tanggapan penonton yang cenderung negatif terhadap film, bisa jadi salah duanya). Tapi hal ini terjadi setelah Rogue One juga mengalami hal yang sama tahun lalu. Mungkin Disney harus menganalisa di mana letak kesalahan agar tak terulang di judul-judul berikutnya. 

Beralih ke film-film baru, Jumanji: Welcome to the Jungle yang dibintangi Dwayne Johnson, Kevin Hart, Jack Black, Karen Gillan dan Nick Jonas, lebih unggul dibandingkan rekan-rekannya, karena sukses berada di posisi dua dengan $34 juta.

Sedang Pitch Perfect 3 dan The Greatest Showman, dua film bergaya musikal dan cenderung mendapat ulasan buruk dari kritikus, masing-masing berada di posisi 3 dan 4 dengan $20.4 juta dan $8.6 juta. 

Sebagai tambahan, film terbaru Steven Spielberg, yang digadang-gadangkan akan berjaya di ajang penghargaan film, The Post, memiliki pembukaan kuat saat tayang secara terbatas. Film yang dibintangi Tom Hanks dan Meryl Streep ini mendapatkan $495.000 dari peredaran di hanya 9 bioskop saja. 

Berikut 10 besar box office Amerika Utara periode 22-24 Desember:

  1. "Star Wars: The Last Jedi" - $68.5 juta
  2. "Jumanji: Welcome to the Jungle" - $34 juta
  3. "Pitch Perfect 3" - $20.5 juta
  4. "The Greatest Showman" - $8.6 juta
  5. "Ferdinand" - $7.1 juta
  6. "Coco" - $5.2 juta
  7. "Downsizing" - $4.6 juta
  8. "Darkest Hour" - $4.1 juta
  9. "Father Figures" - $3.2 juta
  10. "The Shape of Water" - $3.1 juta

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.