Feature


Jumat, 31 Maret 2017 - 20:11:30 WIB
Joss Whedon Siap Bergabung Bersama DCEU Untuk Film Solo Batgirl
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2725 kali

Hampir dua tahun sudah berlalu semenjak sineas kenamaan Joss Whedon meninggalkan Marvel Studios, setelah terakhir mengarahkan Avengers: Age of Ultron. Kini tiba-tiba saja muncul kabar jika Whedon pindah "kapal" dan menyeberang ke Warner Bros. dan DC Films.

Sang sutradara penggagas serial klasik Buffy the Vampire Slayer ini disebutkan akan bertugas untuk mengarahkan film solo salah satu superheroine kenamaan DC Comics, Batgirl, untuk menjadi bagian DC Extended Universe, sebagaimana yang diungkap oleh Variety.

Disebutkan jika proyek ini telah direncanakan dalam beberapa bulan terakhir. Hanya saja belum ada penjelasan kapan atau di mana film akan berada di jadwal perilisan DCEU untuk beberapa tahun ke depannya.

Juga belum ada informasi siapa saja produser akan terlibat, hanya saja film akan dipegang langsung kendalinya oleh presiden DC Films, Geoff Johns dan Jon Berg, bersama salah satu ponggawa Warner Bros., Toby Emmerich.

Ini akan menandakan kali pertama Batgirl mendapatkan film solonya dengan kabar menyebutkan jika ia akan "ditemani" oleh beberapa karakter dari "dunia Gotham" lainnya. Karakter-karakter tersebut bisa jadi adalah Batman (Ben Affleck), Joker (Jared Leto) dan bahkan beberapa sosok dari Gotham City Sirens.

Dan belum diketahui apakah proyek ini akan berhubungan langsung dengan film Gotham City Sirens, yang dipercaya juga akan menghadirkan Batgirl, selain Birds of Prey, Poison Ivy dan tentu saja bintang Suicide Squad, Harley Quinn (Margot Robbie).

Dengan Gotham City Sirens masih dalam tahap pengembangan, dengan Geneva Robertson-Dworet (Tomb Raider) menulis naskahnya dan David Ayer sebagai sutradara, bisa jadi akan dibangun interkoneksi antara Gotham City Sirens dengan film solo Batgirl, di mana Gotham City Sirens bertugas sebagai pengenalan karakter dan kemudian nantinya akan dikembangkan lebih lanjut dalam film arahan Whedon. Belum ada konfirmasi akan hal ini tapi pastinya sebuah wacana yang cukup masuk akal.

Batgirl versi pertama, alias Betty Kane, adalah ciptaan Bill Finger dan Sheldon Moldoff di tahun 1961. Meski begitu, yang paling terkenal dan ikonik adalah Batgirl versi Barbara Gordon yang melakukan debutnya di tahun 1967 dalam Detective Comic #359.

Film solo Batgirl arahan Whedon akan menampilkan versi Barbara Gordon, sehingga bisa dipastikan sang ayah, Komisaris Gordon, yang dalam DCEU diperankan oleh J.K. Simmons, juga akan dilibatkan.

Yvonne Craig memerankan sang Batgirl untuk serial televisi klasiknya dan kemudian oleh Alicia Silverstone dalam Batman & Robin (1997), meski dalam film tersebut jati dirinya disebut sebagai Barbara Wilson dan merupakan keponakan Alfred Pennyworth.

Sementara itu, selepas Age of Ultron (2015) Whedon memang belum mengarahkan film lain lagi. Tapi disebutkan jika ia tengah menulis sebuh naskah untuk film bertema zombie dan berseting di masa Perang Dunia II. Whedon bahkan menyebutkan jika film ini akan hadir lebih gelap dibandingkan apa yang pernah dikerjakannya. Belum diketahui apakah Whedon akan mengerjakan film ini terlebih dahulu atau memilih Batgirl saja.

Perpindahan Whedon Studios dari Marvel ke DC Films memang cukup mengejutkan mengingat ia berperan penting dalam pembentukan Marvel Cinematic Universe. Akan tetapi sebenarnya tidak mengherankan juga karena sebelumnya sempat mengemuka jika dirinya berniat untuk mengerjakan film solo Wonder Woman, yang akhirnya jatuh ke tangan Patty Jenkins.

Terlepas dari opini jika Batgirl selayaknya diarahkan oleh sutradara perempuan, jatuhnya Batgirl ke tangan Whedon pun patut disambut gembira, karena ia dikenal suka mengedepankan karakter perempuan yang kuat dan mandiri, sebagaimana yang bisa disaksikan dalam serial Buffy, Firefly, atau Dollhouse. Bahkan di tangannya karakter Black Widow yang diperankan Scarlett Johansson berhasil mencuri perhatian.

Oleh karenanya Batgirl telah berada di tangan yang tepat. Dan bergabungnya Whedon ke DCEU bisa jadi akan memberi warna tersendiri untuk film-film mereka yang dikenal gelap dan minus humor.

Selain itu, hadirnya film solo Batgirl pastinya akan mempertegas konsep DCEU yang tak mengesampingkan pahlawan super perempuan mereka. Dibandingkan Marvel studios yang baru akan menghadirkan Captain Marvel, maka DC Films sudah menyiapkan Wonder Woman, Gotham City Sirens dan tentu saja Batgirl.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.