Feature


Rabu, 20 Juli 2016 - 15:14:36 WIB
Sutradara 'Pretty Woman', Garry Marshall, Meninggal Dunia
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2850 kali

Kabar duka kembali datang dari dunia perfilman.

Sutradara kenamaan yang telah meluncurkan karir beberapa bintang kenamaan, Garry Marshall, telah menutup mata untuk selamanya pada Selasa malam, tanggal 19 Juli, di usia 81 tahun.

Sayangnya belum diketahui detil lebih lanjut tentang penyebab meninggalnya Marshall.

Ia dikenal sebagai sutradara yang kerap menghadirkan film-film komedi ataupun romantis. Beberapa karyanya pun kini telah dianggap klasik, seperti Pretty Woman atau The Princess Diaries. Kedua film inilah yang mengangkat nama Julia Roberts dan Anne Hathaway.

Karirnya dimulai lebih dari 55 tahun yang lalu, saat menjabat sebagai penulis naskah untuk acara The Tonight Show.

Lantas, bekerjasama dengan Jerry Belson, ia terlibat dalam beberapa proyek televisi lain di era 60-an, seperti The Dick Van Dyke Show dan The Lucy Show, sebelum akhirnya duo ini ini menggubah komedi panggung Neil Simon, The Odd Couple, menjadi serial komedi situasi yang dibintangi Tony Randall dan Jack Klugman.

Nama peraih 5 nominasi Emmy ini semakin mengemuka saat terlibat dalam serial komedi sukses, Happy Days, yang telah meluncurkan karir pemainnya, Henry Winkler dan mantan bintang cilik, Ron Howard, yang kini kondang sebagai sutradara papan atas.

Marshall juga berperan mengangkat nama Robin Williams yang ditariknya untuk membintangi serial komedi legendaris lain, Mork & MIndy.

Di era 80-an, Marshall mulai pindah ke film layar lebar dan meluncurkan berbagai film komedi seperti The Flamingo Kids dan Nothing In Common yang dibintangi Tom Hanks dalam awal-awal karirnya.

Sukses besar Marshall diraih berkat Pretty Woman (1990) yang dibintangi oleh Richard Gere dan Julia Roberts. Dengan pendapatan sebesar $400 juta, Pretty Woman sekarang sudah ditasbihkan sebagai salah satu film komedi romantis terpopuler sepanjang masa.

Di dekade 2000-an, ia kembali menuai sukses dengan The Princess Diaries yang meroketkan nama Anne Hathaway. Sebuah sekuel kedua sebenarnya tengah disiapkan, namun dengan meninggalnya Marshall, belum diketahui apakah dilanjutkan atau tidak.

Untuk periode lima tahun terakhir, Marshall mengerjakan beberapa film antologi bertema hari libur dan melibatkan banyak bintang populer, seperti  Valentine's Day (2010), New Year's Eve (2011) dan film terakhirnya, Mother's Day (2016).

Gary Marshall meninggalkan seorang istri, Barbara, dan tiga orang anak, serta dua orang saudara perempuan, Penny Marshall dan Ronny Hallin.

Selamat jalan Gary Marshall. Akan selalu dikenang!

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.