Feature


Selasa, 18 September 2018 - 22:29:18 WIB
Indonesia Kirimkan Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ke Academy Awards
Diposting oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 5786 kali

The Indonesian Academy Awards Selection Committee akhirnya memilih film arahan Mouly Surya, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, untuk mewakili negara Indonesia berkompetisi di kategori Best Foreign Language Film pada ajang The 91st Annual Academy Awards mendatang. Ketua komite tersebut, Christine Hakim, mengungkapkan bahwa film yang pertama kali ditayangkan di ajang Directors’ Fortnight pada 2017 Cannes Film Festival dan berhasil mendapatkan nominasi serta kemenangan di berbagai festival dan penghargaan film kelas dunia dalam kurun waktu setahun terakhir tersebut menyisihkan 101 film nasional lainnya yang yang masuk dalam pertimbangan komite.

Dengan naskah cerita yang digarap Mouly Surya bersama dengan Rama Adi berdasarkan ide cerita yang datang dari Garin Nugroho, film yang juga dipilih oleh Flick Magazine sebagai Movie of the Year pada tahun lalu ini berkisah mengenai Marlina (Marsha Timothy), seorang wanita asal Sumba yang setelah kematian janin bayi yang sedang dikandungnya kini harus hidup sebatang kara setelah suaminya turut meninggal dunia. Nasib buruk tidak berhenti disana. Sekelompok pria yang dipimpin oleh Markus (Egi Fadly) datang ke rumah Marlina dan berencana untuk mengambil seluruh harta benda miliknya sekaligus juga berencana untuk memperkosa Marlina. Namun, walau dengan penampilan yang tenang dan terkesan lemah, Marlina menolak untuk menyerah begitu saja. Berbekal sebilah parang dan olahan sup ayam yang menjadi menu andalannya, Marlina bertekad untuk membuat Markus dan gerombolannya menyesal telah melangkahkan kaki mereka ke rumah Marlina.

Walau sama sekali belum pernah berhasil untuk menembus lima nominasi akhir di kategori Best Foreign Language, Indonesia telah aktif untuk mengirimkan film-film terbaiknya ke ajang Academy Awards semenjak tahun 1987. Sejak saat itu, 18 dari 19 film Indonesia yang dikirimkan berhasil diterima untuk ikut dalam seleksi awal kategori Best Foreign Language. Satu film yang dikirimkan pada tahun 1988 di-diskualifikasi dari seleksi awal karena dinilai tidak memiliki terjemahan yang mumpuni untuk dimengerti oleh pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Pada beberapa tahun diantaranya – tahun 1991, tahun 1993-1997, 2000, 2001, 2004, dan 2008 – Indonesia tidak mengirimkan perwakilannya ke ajang Academy Awards dengan asumsi karena tidak menemukan kontender yang tepat untuk diikutkan bersaing di kategori Best Foreign Language Film.

Merupakan sebuah penghargaan yang diadakan (umumnya) untuk film-film yang diproduksi oleh Hollywood, semenjak tahun 1947, Academy Awards telah membuka diri mereka kepada film-film yang berasal dari negara lainnya dengan mengadakan sebuah kompetisi film asing terbaik dalam kategori Best Foreign Language Film. Dan semenjak saat itu, 68 penghargaan telah dimenangkan oleh film-film asing dengan 56 penghargaan diantaranya dimenangkan oleh negara-negara yang berasal dari benua Eropa. Kategori Best Foreign Languange Film sendiri merupakan kategori dimana Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan sebuah penghargaan bagi film karya produksi negara-negara di luar Amerika Serikat yang jalan ceritanya lebih dominan menggunakan bahasa di luar dari Bahasa Inggris.

Penyelenggara Academy Awards, Academy of Motion Picture Arts and Sciences akan mengumumkan lima film berbahasa asing yang terpilih sebagai nominasi pada 22 Januari 2019 mendatang. Pelaksanaan The 91st Annual Academy Awards sendiri akan dilaksanakan pada 24 Februari 2019.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.